Cara Mudah Membaca Hasil Laborat Infeksi Virus TORCH


Untuk mengetahui adanya infeksi virus TORCH, yang paling valid ya memang membaca hasil laboratorium. Dari hasil laboratorium itulah seseorang bisa dikatakan positif terinfeksi virus TORCH atau dalam kondisi normal.

Tes laboratorium terkait infeksi virus TORCH memang memberikan data yang sangat lengkap. Berapa jumlah IgM dan IgG yang ada dalam tubuh Anda bisa diketahui secara gamblang. Jika jumlah IgM melebihi batas normal, maka Anda positif terinfeksi virus TORCH.


Nah, masalah akan timbul ketika seseorang penderita TORCH tidak menerima penjelasan yang detail terkait hasil laboratorium tersebut. Seperti laporan beberapa penderita TORCH yang datang kepada kami.

 Bingung Membaca Hasil Lab Virus TORCH

 Mereka sudah membawa hasil tes laboratorium secara lengkap, tapi tidak tahu secara detail apakah dia mengalami infeksi virus TORCH atau tidak. Apakah dia memerlukan penanganan khusus atau tidak.

Intinya, mereka hanya menerima hasil tes dari laboratorium tanpa penjelasan yang lengkap terkait infeksi virus TORCH. Apakah Anda juga mengalami permasalahan serupa?

Jika YA, maka kali ini Anda bisa mendapat penjelasan terkait hasil cek Laboratorium tersebut.



Yang Perlu Anda Tahu Saat Menjalani Tes Laboratorium Terkait Infeksi Virus TORCH

Perlu Anda tahu, data yang muncul saat Anda melakukan cek laboratorium adalah jumlah IgM dan IgG. Berapa jumlah IgM dan IgG yang muncul mengacu pada apakah Anda pernah terinfeksi, positif terinfeksi atau tidak mengalami infeksi virus TORCH.


Lalu apa itu IgM dan IgG?

IgM dan IgG termasuk salah satu jenis imunoglobin atau antibodi alami yang secara otomatis dibentuk oleh tubuh saat tubuh mengalami infeksi. Entah itu infeksi karena bakteri atau pun virus.

Mari kita permudah saja bahasan ini. Contohnya seperti ini: Ketika virus TORCH masuk dan menginfeksi tubuh Anda, maka IgM secara otomatis diproduksi untuk melawan infeksi virus TORCH.

Jumlah IgM akan terus meningkat dari hari ke hari hingga mencapai puncaknya dalam waktu 1 bulan. Nah, saat inilah tubuh secara otomatis mengeluarkan IgG sebagai penangkal virus TORCH yang lebih kuat.

Setelah IgG dikeluarkan, maka ada 2 kemungkinan, yaitu virus tersebut akan berangsur mati atau malah dia sudah mengalami kekebalan. Jika virus sudah kebal, maka inveksi akan terus berlangsung.

 

Ketika mengalami kondisi ini maka seseorang tidak kunjung sembuh dari penyakit yang muncul akibat serangan virus tersebut. Saat inilah Anda perlu secepatnya melakukan Terapi TORCH. Melakukan terapi TORCH sedari dini akan lebih baik. Tapi jika sudah terlanjur, akan lebih baik dari pada jika Anda membiarkan virus itu terus berkembang dan menggerogoti kesehatan Anda.


Membaca Hasil Laboratorium Cek Infeksi Virus TORCH

Infeksi virus TORCH bisa kita lihat dari hasil cek IgM dan IgG. Mari kita lihat beberapa hasil lab infeksi virus TORCH berikut ini:

Hasil Cek Laboratorium Infeksi Virus TORCH

 

Setelah Anda melakukan cek laborat, maka Anda akan memperoleh lembar hasil. Kurang lebih seperti gambar di atas lah penampakannya. Data yang tampak dalam hasil tersebut adalah: (1) jenis virus, IgM dan IgG nya  (2) Jumlah IgM dan IgG yang ada dalam tubuh Anda  (3) Acuan nilai normal. Dari acuan nilai normal itu maka bisa kita ketahui bahwa apakah kita sedang terinfeksi virus TORCH ataukah tidak.

Nah, jika jumlah IgM dan IgG yang ada dalam tubuh Anda melebihi batas normal atau yang dalam data hasil lab tersebut menyebutnya dengan istilah "reactive" dan "Non Reactive". Reactive menunjukkan batas nilai yang perlu Anda waspadai. Sedang Non Reactive sampai normal merupakan nilai yang menunjukkan tubuh Anda dalam kondisi baik, tidak ada infeksi virus TORCH yang menghawatirkan.

Demikianlah artikel yang semoga bisa mempermudah atau setidaknya menambah pengetahuan Anda tentang cek laboratorium infeksi virus TORCH. Apabila Anda sekarang sedang hamil, atau malah tidak kunjung bisa hamil, maka ada baiknya Anda secepatnya melakukan cek infeksi virus TORCH. Ya, seorang ibu yang terinfeksi virus TORCH sangat berpotensi mengalami keguguran dan melahirkan bayi degnan kondisi tidak sempurna.

Apabila masih ada yang perlu Anda tanyakan terkait infeksi virus TORCH dan cara penanganannya, silakan berkonsultasi melalui Call Center: 085329990002 / BBM 762A3824